Kalteng Kerja Sama dengan Notherm Territory of Australia

Kalteng Kerja Sama dengan Notherm Territory of Australia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melakukan kerjasama dengan Notherm Territory of Australia, Rabu (11/10) di Ritz Carlton hotel Jakarta. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dalam bidang ekonomi, perdagangan, pertanian, pendidikan, pertukaran pelajar, pariwisata, olahraga, pelatihan teknis di bidang kelautan dan pelatihan penanganan pengembangan sapi.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan kesepakatan Letter of Intent (LoI) antara pemerintah provinsi Kalteng yang dilakukan oleh Anggota DPR RI dari Kalteng, Hamdani dengan Gubernur Notherm Territory of Australia, Michael Patrick Francis Gunner.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura dan Peternakan melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan, Drh Chandra Rahmawan mengatakan, pihaknya melakukan kerjasama di bidang pelatihan dan pengembangan sapi. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Tanamaan Pangan, Hortikultura dan Peternakan. Ir Sutrisno dan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh Chandra Rahmawan.

Menurutnya, dari kerjasama ini, pihaknya akan meminta bantuan dengan Australia terkait dengan pengembangan rens atau sarana prasarana dan membantu melatih petani dalam mengembangkan sapi. Sehingga menurut dia nanti akan dapat meningkatkan populasi sapi di Kalteng.

“Kita Inginnya Australia membantu dalam pengembangan rens atau infrastruktur peternakan sapi. Selain itu juga, kita minta support semuanya dari Australia dalam mengembangkan sapi di Kalteng. Kita melihat mereka sejauh ini telah berhasil dalam mengembangkan sapi di sana dan juga berpengalaman. Selain itu, kita juga melihat apakah nanti mereka hanya membantu rens, bibit dan lainya, ataukah bisa juga mereka berinvestasi di sini,” ungkap Chandra saat diwawancarai di ruang kerja nya, Selasa (17/10).

Selain itu, dia juga menambahkan, terkait dengan kelanjutan LOI yang telah disepakati. Untuk kelanjutan,  dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pertemuan kembali dengan pemerintah Notherm Territory of Australia untuk memperjelas kerjasama sehingga akan menghasilkan kesepakatan yang akan dituangkan dalam Memorandum Of Understanding  (MoU).

“Setelah kesepakatan yang ada di dalam LOI, kelanjutannya akan ada pertemuan lagi untuk mempertajam kesepakatan yang akan menghasilkan MoU nantinya agar dapat melaksanakan kerjasama ini secepatnya,” jelasnya. (*kia/k/bud/iha)

 

SUMBER : PROKAL.CO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>